Selamatkan lingkungan dari kerusakan akibat tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Senin, 22 November 2010

Bencana Alam


Seperti yang kita lihat dan kita dengar dari semua media baik cetak maupun tulis, letusan gunung merapi, banjir di wasior, sunami di mentawai dan bencana-bencana di daerah lain yang telah mengakibatkan banyak korban, dari harta benda sampai korban jiwa. Saatnya kita koreksi diri, apa sebenarnya yang telah kita lakukan terhadap alam ini ?


Memang bencana alam bukan sepenuhnya ulah manusia, tetapi ada hal negatif yang kita lakukan dapat memicu terjadinya bencana, seperti :
Penebangan hutan secara besar-besaran/penggundulan hutan.
Pembuangan sampah bukan pada tempatnya(di sungai, got dll)
Penggunaan air tanah melebihi batas dll.
Yang mengakibatkan tanah longsor, banjir, kekeringan dll.

Kini bukan saatnya kita saling menyalahkan, ada hikmah yang bisa kita ambil dari semua musibah yang terjadi yang seharusnya mampu menyadarkan kita tentang arti pentingnya menjaga lingkungan.


Belum ada kata terlambat selama kita masih mengaku sebagai penghuni bumi, siapa pun dan apa pun latar belakang anda,  untuk memperbaiki keseimbangan alam, melestarikan kembali hutan, memperaiki sikap kita terhadap lingkungan, mengurangi pemakaian SDA secara berlebihan dengan alasan apa pun, demi kelangsungan hidup umat manusia.

Kadang kita menyepelekan hal kecil yang justru berdampak besar dan merepotkan kita pada masa yang akan datang.
Setelah kita berkaca pada semua peristiwa yang telah membuat Ibu Pertiwi menangis, apa yang kita dapat dan apa yang harus kita lakukan wahai saudaraku.....?

Semoga kita senantiasa sadar diri dan mawas diri...

Tidak ada komentar: